Translate

Minggu, 19 Oktober 2014

Kijang Kapsul 1997 Ganti Joint Kopel/ Cross Joint

Jumat, 03 Oktober 2014. Saya sekeluarga berangkat dari Jakarta menuju Purwokerto dengan kendaraan Kijang Kapsul 97. Setengah perjalanan atau sampai Garut (karena saya lewat jalur selatan) tiba-tiba saya mendengar suara seperti kaleng beradu dan sedikit bersuara seperti ini krengg kreng kreng. Wah saya langsung cemas dan pasti ini tidak salah lagi ini adalah suara dari 'join kopel' atau bahasa kerennya cross joint.

Suara ini kadang ada kadang tidak ada..
biasanya jika kita abis diam lalu mulai berjalan barulah terdengar. nanti jika kendaraan sudah berjalan stabil tidak akan terdengar lagi. Alhamdulillah selama perjalanan tidak mengalami kejadian apa-apa. Sampai di Kota Purwokerto dan tiba lagi di Jakarta selamat dan hanya risih suara tersebut makin keras terdengar udah seperti kaleng rombeng :D .

Dan tadi siang Minggu,19 Oktober 2014 mobil kijang langsung saya bawa ke bengkel langganan. sang mekanik sudah tahu betul penyakit mobil saya karena memang mobil ini rawatannya dia. Tanpa banyak tanya mereka langsung membongkar Cross Joint dan nampaklah seperti gambar dibawah ini :


ganti joint kopel



 Adapun biayanya sebagai berikut :

Joint kopel/ cross joint merk GMB 2 buah : Rp.150.000,-
Ongkos bengkel : Rp.100.000,-


Ternyata bongkar pasang joint kopel sangat mudah, hanya modal kunci 12 untuk copot kopel dan palu/ godam yang besar untuk mencopot cross joint dengan cara di getok pakai bantuan tenaga dalam hahahahaa....

Sekarang Kijang saya sudah sehat kembali.





1 komentar:

  1. Sama om saya baru ambil kisul diesel 2001 saya coba running 500 km pulang nya ada suara berisik rupanya cross joint nya kira2 berapa bulan sekali ganti cross joint om

    BalasHapus