Translate

Kamis, 06 Maret 2014

Spedometer Honda Beat Rusak



Beat
Di blog ini saya akan berbagi pengalaman waktu saya sedang service motor (beat). mulai dari ganti oli mesin, oli gardan, service karburator dan pengecekan lain-lain. 
setelah semua selesai khususnya ganti oli, lanjut ke pengecekan spedometer. 

Pada waktu itu memang spedometer saya tidak berfungsi. Setelah di bongkar (di check) mulai dari kabel dan gear nanas yg di tromol (gak tau namanya apaan). ternyata kata montirnya itu rumah spedometer/rumah gigi nanasnya rusak karna putus kabelnya jadi macet gak berfungsi. yaudah langsung ganti baru deh.


ternyata langkah saya mengganti part baru itu salah, padahal rumah gear/gigi nanas itu masih bisa dipakai. berikut saya lampirkan gambarnya biar gak pusing.

Rumah Gigi Nanas Spedo







bongkar semua bagian yang ada di dalamnya hingga seperti gambar diatas ini lalu bersihkan dan beri gemuk/ oli.

Tempat putus kabel speedo

Biasanya jika putus kabel spedo itu keseringan sisa putusnya nyangkut di sini (yang saya kasih gambar panah diatas ini). Cabut lalu bersihkan.
 
Jika sudah lalu pasang kembali. dijamin bisa dan lancar. Sebenarnya jika saat kita sedang service di bengkel bila ada part yang rusak khususnya kasus seperti yang saya alami kita jangan langsung ganti baru saja, di check dulu siapa tau masih bisa kita benerin sendiri atau kita akali. dengan itu kita jadi bisa mengerti dan paham kendaraan kita.

#note : sebenarnya jika putus itu kita cuma beli kabelnya saja (dulu sih ada yang jual tapi kalau sekarang gak tau deh heheheh )
.
Semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. maaf mas mau tanya...cara tuk bongkar semua gearnya gimana caranya,trutama gear yg brhubungan dgn kabel speedonya?krena punyak sya juga msih ada sisa kabel speeso yg putus nyangkut didlamnya..trimzzz&mhon pencerahannya...

    BalasHapus